ANALISIS PERATAAN LABA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI JII (JAKARTA ISLAMIC INDEX)

Dedi Fernanda, Khadijah Ath Thahirah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah faktor-faktor besaran perusahaan, profitabilitas dan leverage secara signifikan mempengaruhi praktik perataan laba. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di JII (Jakarta Islamic Index) tahun 2014-2016. Pengujian hipotesis dilakukan secara multivariate dengan menggunakan regresi logistik. Secara parsial ketiga variabel independen dalam penelitian ini yaitu besaran perusahaan, profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perata laba ini terlihat dari nilai sig. masing-masing variabel independen besar dari 0,05. Secara simultan atau bersama-sama ketiga variabel juga tidak berpengaruh terhadap variabel dependennya dikarenakan nilai sig. besar dari 0,05. Untuk koefisien determinasi dilihat dari nilai Nagelkerke R square sebesar 0,294. Dengan demikian dapat ditafsirkan bahwa secara bersama (Total Asset, ROA dan Leverage) hanya menjelaskan variabel dependen (perata laba) sebesar 29,4% sedangkan sisanya sebesar 70,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.


Keywords


manajemen laba; perata laba; besaran perusahaan; profitabilitas; leverage

Full Text:

PDF

References


Assih, Prihat, Gudono, 2000, Studi Empiris Tentang Hubungan Tindakan Perataan Laba Dengan Reaksi Pasar Atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan Yang Terdaftar di BEJ, Jurnal Riset AkuntansiIndonesia, Vol. 2, No. 1, hal 35-53.

Eckel, N., Juni, 1981, The Income Smoothing Hypothesis Rensited, dalam jurnal: Jin, Liaw She dan Mas’ud Mahfoedz, 1998, “Faktor-faktor yang mempengaruhi Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEJ, JRAI, Vol. 1, No. 2, hal 180-181.

Eko, Prasetyo, Januar, Sri Astuti et.al., 2002, Praktik Perataan Laba dan KinerjaSaham Perusahaan Publik di Indonesia, JAAI, Vol. 6, No. 2, hal 45-63.

Jatiningrum. 2000. “Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruhterhadap Perataan Penghasilan atau Laba pada Perusahaanyang Terdaftar di BEJ”.Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 2 (2).Agustus, h : 145 – 155.

Kustiani, Deasi, Erni Ekawati, 2006, Analisis Perataan Laba dan Faktor-faktoryang Mempengaruhi: Studi Empiris pada Perusahaan di Indonesia, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 2, No. 1, hal 53-66.

Rivard, Richard. J., Eugene B dan Gay B.H. Morris. 2003. Income Smoothing Behaviour of V.S Banks Under Revised International

Syahriana, Nani, 2006, Analisis Perataan Laba dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta (2000-2004),Skripsi. Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Yulianto, Agus, 2007, Analisis Perataan Laba : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dan Kaitannya dengan Kinerja Saham Perusahaan Publik di Indonesia, Skripsi. Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.