ANALISIS PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI SYARI’AH DI KOTA PADANG

Andre Ilyas, Dewi Sartika

Abstract


Salah satu koperasi syari’ah yang ada dikota padang adalah Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syari’ah Baitull Maal Wat Tamwil (KSPPS BMT) Batuang Taba Nan XX. Koperasi ini didirikan oleh 20 Orang pendiri yang merupakan tokoh-tokoh masyarakat Batuang Taba Nan XX. Dalam operasionalnya koperasi ini menggunakan prinsip syariah sesuai dengan ajaran islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesehatan  KSPPS BMT Batuang Taba Nan XX dengan berpedoman pada Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia No. 07/Per/ Dep.6/ 2016 tentang Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syari’ah dan Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah Koperasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengungkapkan keadaan kesehatan KSPPS BMT Batuang Taba Nan XX Padang tahun 2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan wawancara, Sedangkan untuk metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan rasio permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan, jati diri koperasi dan Kepatuhan Prinsip Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesehatan KSPPS BMT Batuang Taba Nan XX pada tahun  2016  memperoleh nilai skor 80,20 yang artinya KSPPS BMT Batuang Taba Nan XX tergolong pada koperasi yang memiliki predikat sehat.

Keywords


Penilaian Kesehatan Koperasi

Full Text:

PDF

References


Hendar Dan Kusnadi, 2005. Ekonomi Koperasi. PT Rineka Cipta, Jakarta

Moh. Syamsul Adzim, 2013. Penilaian Kinerja Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Sejahtera Ngadiluwih Berdasarkan Undang-Undang No.20/Per/M.Kukm/XI/2008

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia (2007). Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi jasa Keuangan Syariah dan unit Keuangan Syariah Koperasi.

Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (2016). Pedoman Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah dan Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Koperasi

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah Republik Indonesia (2015). Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah oleh Koperasi.

Panji Anaraga Dan Ninik Widiyanti, 1998, Psikologi Dalam Perusahaan, PT Rineka Cipta

Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil,(PINBUK),2010. SOP dan SOM Baitul Maal Wat Tamwil, ICMI

Undang-Undang Dasar RepubliK Indonesia tahun 1945 pasal 33 ayat 1

Undang-undang Republik Indonesia No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.