ANALISIS PENGARUH PERSEPSI, PREFERENSI DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU DOSEN MEMAHAMI PERBANKAN SYARIAH (Study Kasus pada Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang)

. Yentisna, . Rishendri

Abstract


Perbankan Syariah mempunyai peranan yang sangat penting di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya  beragama Islam dengan berdirinya perbankan syariah ini berdampak pada masyarakat muslim yang sebagian besar bermuamalah di perbankan konvensional, hal ini juga terjadi didalam suatu lembaga perguruan tinggi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang, bagaimana para dosen melihat fenomena ini terjadi apakah sudah sesuai dengan prinsip syariah atau sebatas argumen saja. Dengan demikian seberapa besar   analisis tentang   persepsi, preferensi, sikap dan perilaku dosen terhadap perbankan syariah study pada Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas Padang dan yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) adanya pengaruh antara persepsi terhadap sikap pada perbankan syariah, 2) adanya pengaruh preferensi terhadap sikap pada perbankan syariah, 3)   adanya pengaruh sikap terhadap perilaku pada perbankan syariah adalah sbb : a) Berdasarkan uji hipotesis bahwa nilai   thitung     adalah 2.071 sedangkan nilai   ttabel  adalah 1,677 yang lebih besar dibandingkan dengan thitung. Artinya, persepsi berpengaruh positif terhadap perilaku. Atau dengan kata lain H1 diterima.b) Berdasarkan uji hipotesis bahwa nilai   thitung     adalah 0.422 sedangkan nilai   ttabel  adalah 1,677 yang lebih kecil dibandingkan dengan thitung. Artinya, preferensi tidak berpengaruh terhadap perilaku. Atau dengan kata lain H2 ditolak. c) Berdasarkan uji hipotesis bahwa nilai   thitung     adalah 2.157 sedangkan nilai   ttabel  adalah 1,677 yang lebih besar dibandingkan dengan thitung. Artinya, sikap berpengaruh terhadap perilaku. Atau dengan kata lain H3 diterima. d) Berdasarkan uji hipotesis bahwa nilai   fhitung     adalah 15,2 f )60 sedangkan nilai   ttabel  adalah 3,18 yang lebih besar dibandingkan dengan fhitung. Artinya, persepsi, preferensi, dan sikap berpengaruh positif terhadap perilaku. Atau dengan kata lain H4 diterima.


Keywords


Persepsi; Preferensi; Sikap; Perilaku

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenul, (2000), Memahami Bank Syariah (lingkup, Peluang, Tantangan dan Prospek), Alvabet, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, (2000), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

BI,(2000) Potensi,Preferensi dan Perilaku Masyarakat DIY dan Jawa Tengah Terhadap Perbankan Syariah, Semarang.

.Ghozali,Imam, (2006),Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

H.Malayu S.P Hasibuan,(2005), Dasar dasar Perbankan, Jakarta: PT Bumi Aksara, Yogyakarta.

Hamidi, (2000), Persepsi dan Sikap Santri Jawa Timur terhadap Bank Syariah, Jawa Timur.

Khoiruddin,(2005), Preferensi Nasabah terhadap Produk Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah dan Murabahah Bank Syarih.

Kreitner, Robert, (2005), Perilaku Organisasi (Organizational Behavior), Salemba Empat, Jakarta.

MeidarF.M, (1997), Kamus Lengkap Exclusive Inggris–Indonesia, Eskamedia, Jakarta

Mowen John C, (2001), Perilaku Konsumen(edisi kelima), ERLANGGA, Jakarta.

Muflih,Muhammad,M.A. (2006) Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam,PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Muhammad. Drs, (2008), Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, PT RAJA GRAFINDO PERSADA, Jakarta.

Perwata,(1992) Karnaen Atmadja, Apa dan Bagaimana Bank Islam, Dana Bakti Wakaf, Yogyakarta.

Prabu,Anwar Mangkunegara, Drs. (1988), Perilaku Konsumen, PTERESCO, Bandung

RidwanMuhammad, (2004), Kontruksi Bank Syariah Indonesia, UIIPress, Jakarta

Sholahudin, Muhammad SE,Msi. (2006), Lembaga Keuangan Islam, Muhammadiyah University Press, Surakarta

Sudarsono, Heri, (2007), Konsep Ekonomi Islam Sebagai Pengantar, Ekonomia, Yogyakarta.

Sugiono, (2007), Metode Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D,Bandung: Alfa Beta, Bandung

Sutisna.(2001), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, PT Remaja Rosda karya, Bandung

Umar, (2002), Husein, Research Methods In Financeand Banking, Gramedia

PustakaUtama, Jakarta,

Widodo, Edy, dkk, (2005), Mengapa Memilih Bank Syariah,Bogor: Galia Indonesia, http://www.ac.id-Preferensi–Konsumen

http://www.walisongo.ac.id.pengembangan-prodi-dkonomi-islam-ftnz


Refbacks

  • There are currently no refbacks.