ANALISIS KUALITAS WEBSITE TIKET.COM

Raisa Dian Burnirma, Aditya Wardhana

Abstract


Pesatnya Perkembangan industri penerbangan didukung dengan perkembangan teknologi informasi yaitu internet. Tiket.com adalah perusahaan internet yang bergerak menyediakan layanan pemesanan tiket secara online, dirintis mulai November, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kualitas Tiket.com berdasarkan penilaian pengguna terhadap kualitas aktual yang dirasakan dan kualitas ideal yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan dimensi WEBQUAL yaitu usability, information quality, dan service interaction yang dinilai berdasarkan perspektif tingkat kinerja (performance) dan tingkat kepentingan (importance). Responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 100 pengguna dengan menggunakan teknik sampling insidental. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan terdapat nilai kesenjangan (gap) yang bernilai negatif antara kualitas aktual (performance) dan kualitas ideal (importance) sebesar (-0,09). Nilai kesenjangan (gap) paling besar adalah dimensi service interaction dengan nilai (-0,115). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas aktual yang dirasakan belum bisa memenuhi kualitas ideal yang diinginkan pengguna website Tiket.com terutama dari atribut kualitas yang berhubungan dengan service interaction dalam website. Indikator yang menjadi prioritas perbaikan diantaranya adalah terciptanya pengalaman positif dari pengguna dan keamanan dalam melakukan transaksi.

Keywords


Kualitas website; Webqual; Importance Performance Analysis

Full Text:

PDF

References


Barnes, S. J. and Vidgen R. "WebQual: an exploration of Web site quality." European Conference in Information Systems, Vienna 2000.

Barnes, S. J. and Vidgen R. "An evaluation of cyber- bookshops: the WebQual method." International Journal of Electronic Commerce (6:1) 2001b, pp 11-30.

Barnes, S .J. and R. T. Vidgen, Measuring Web site quality improvements: a case study of the forum on strategic management knowledge exchange. Industrial Management & Data

Systems 103/5 [2003] 297-309.

Kotler, Philip & Amstrong,Gary. (2008). Prinsip – prinsip Pemasaran, Edisi 12 jilid. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin. (2009). Manajemen pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran .Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.

Sanjaya, Iman. 2012. Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementrian Kominfo dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Penelitian IPTEKKOM. 14 (1).

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Sheng, Long dan - Chung Chang, Pao. 2010. Identifying Crucial Website Quality Factors of Virtual Communities. Journal: explorasi faktor-faktor penting website komunitas virtual (facebook).

Siagian, Hotlan. 2014. Analisis Website Quality, Trust dan Loyalty Pelanggan Online Shop Jurnal Manajemen Pemasaran. 8 (2). 55-61.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cetakan ke 20. Bandung, ALFABETA

Tjiptono, Fandy. 2008. Gregorius Chandra and Dadi Adriana. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Wijaya, Tony. Analisis Data Penelitian menggunakan SPSS. 2009. Yogyakarta: UAJY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.