ANALISIS PENENTU KEPUASAN MAHASISWA DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN PERGURUAN TINGGI SWASTA: STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS DHARMA ANDALAS (FEB-UNIDHA)

. Ezizwita, Nofri Yendra, Febri Rahadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas (FEB-Unidha) Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB-Unidha Padang yang berjumlah sekitar 1200 orang. Sebanyak 100 mahasiswa dijadikan sampel sebagai sumber informasi pengumpulan data penelitian. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Metode analisa data yang digunakan adalah Analisa Servqual (Servqual Analysis), dan analisa regresi linear berganda. Hasil analisa metode Servqual menemukan bahwa secara umum kualitas pelayanan yang diberikan oleh FEB-Unidha Padang masih belum sesuai dengan harapan mahasiswanya, dimana kinerja FEB-Unidha Padang dipersepsikan lebih rendah dari pada harapan mahasiswa. Menurut analisa dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda diperoleh variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah Reliability, sedangkan yang paling kecil pengaruhnya adalah Empathy. Dari hasil uji t didapat bahwa secara parsial, setiap dimensi kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan mahasiswa secara positif dan signifikan. Dari hasil uji F ditemukan bahwa secara bersama-sama dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa FEB - Unidha Padang.

Keywords


Kualitas pelayanan; Kepuasan; Analisa Servqual

Full Text:

PDF

References


Alma Buchori, Manajemen Permasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung, Alfabeta, 1996.

Arikunto Suharsini, Manajemen Penelitian, Jakarta, Rineka Cipta, 1995.

Alma Buchori, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta, 1996.

Brown Tom. J, Before the Service Encounter, Journal of Marketing Health Serv. No. 18, Spring, 1997.

Beteson, John E.G,. Managing Services Marketing, Second Edition, Dryden Press, Orlando, 1991.

Gaspersz, Vincent, Teknik Analisis Dalam Penelitian Percobaan, Bandung : Penerbit Tarsito, 1992.

Hill, Nigel,. Handbook of Customer Satisfaction Measurement, Cambridge : Great Britain at The university Press, 1996.

J. Supranto,. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

J. Supranto,. Metode Ramalan Kuantitatif Untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Kotler, Philip,. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Seventh Edition, Prentice Hall International, Inc. A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632, 2005.

Kotler, Philip,. Principles at Marketing, Third Edition, New Jersey Prentice Hall,. A Division of Simon & Scuster, 1994.

Kotler, Philip,. Strategic Marketing for Educational Institute, Second Edition, Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall Inc,. 1995.

Klaus Leigh Ann, 7th, Quality in Education Cistry, Wisconsin Quality Progress, Sept. 1997 : 31.

Love Lock, Services Marketing 2nd ed. Englewood Cliffs, NJP Prentice Hall Inc, 1991.

Siat, Jennie, Relationship Marketing, Majalah Swa Sembada, Jakarta: No. 03/XXVI/Juli 1997.

Spanbauer, J. Stanley, A Quality System for Education, Wisconsin ASQL Quality Press, 1992.

Sekaran, Uma,. Research Methods for Business, Third Edition, New York, John Wiley & Sons, Inc, 2000.

Stanton, William J. & Charles Futrell,. Fundamental of Marketing, 8th Edition, Singapore : Mc. Graw Hill, 1994.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, CV. Alfa Beta, Bandung, 1999.

Tjiptono Fandi, Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS), Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Yogyakarta : Andi Offset, 1997.

Tjiptono Fandi, Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Andi Offset, 1997.

Zeithaml, Valarie A., A. Parasuraman, and Leonard L. Berry,.Delivering Quality Service Balancing Customer Perception and Expectations, New York, The Free Press, 1990.Zeithaml, Valarie A., A. Parasuraman, and Leonard L. Berry,., The Behavioral – Consequences of Service Quality, Journal of Marketing, April, 1996.

Ezizwita, Analisis Kualitas Pelayanan Perguruan Tinggi Swasta dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa, Studi Kasus Pada Universitas Bung Hatta Padang, tesis (unpublished), Program Studi Magister Manajemen Universitas Andalas, Padang, 2006.

R. Herdiana, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dosen Perguruan Tinggi Swasta terhadap Loyalitas Mahasiswa, tesis (unpublished), Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Emas, Bandung, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.