ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ALTMAN Z”SCORE UNTUK MENGUKUR TINGKAT KESEHATAN PERUSAHAAN DAN RASIO KEUANGAN YANG BERMASALAH. (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014)

Enny Arita, Yunita Valentina Kusufiyah, . Maivalinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana tingkat kesehatan perusahaan dan rasio keuangan mana yang bermasalah dilihat dari nilai Z”-Score, selanjutnya mengklasifikasikan perusahaan apakah termasukpadasafe zone, gray zone, atau distress zone.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah 3 perusahaan telekomunikasi, yaitu PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., PT Indosat, Tbk. Dan  PT XL Axiata, Tbk.Variabel di dalam penelitian ini adalah variabel Altman Z”-Score,yaitu working capital to total assets, retained earning to total asset, earning before interest and taxe  to total assets, dan book value of total equity to book value of total liabilities. Setelah melakukan perhitungan Altman Z”-score, kemudian dianalisis tiap variabelnya untuk mengetahui variabel mana yang berperan dalam masing-masing kategori Altman Z”-score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahun 2010-2014 PT. Telkom selalu berada pada safe zone, artinya terhindar dari potensi kebangkrutan. Sementara itu PT. Indosat tahun 2010-2012 berada pada gray zone, artinya berpotensi bangkrut atau tidak bangkrut, tahun 2013 dan 2014 berada pada distres zone, artinya berpotensi bangkrut. Sebaliknya PT. XL Axiata tahun 2010-2012 berada pada safe zone, tahun 2013 berada pada gray zone dan pada tahun 2014 berada pada distress zone


Keywords


Z Score; safezone; gray zone; distress zone

Full Text:

PDF

References


Adnan, Muhammad Akhyar dan Muhammad Imam Taufiq.2001. “Analisis Ketepatan Prediksi Metode Altman Terhadap Terjadinya Likuidasi Pada Lembaga Perbankan (Kasus Likuidasi Perbankan di Indonesia)”. Jurnal Akuntansi dan Auditing, Vol 5, No. 2, Desember.

Altman, Edward I. dan Edith Hotchkiss. 2006, Corporate Financial Distress and Bankcruptcy.Third Edition. USA, John Willey & Sons, Inc.

Basri, Faisal. 2003. Kasus bank Lippo: Momentum Pembenahan Institusi Korporasi dan Birokrasi. Jakarta.

Brigham, Eugene dan Joel F. Houston. 2009. Fundamentals of Financial Management (Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi Ke sepuluh). Jakarta: Salemba Empat.

Gitman, Lawrence J. 2006. Principle of Managerial Finance. Boston U.S : Pearson International Edition

Keown, Arthur, J., John D. Martin, J. William Petty, dan David F. Scott, Jr., 2008. Financial Management : Principles and Application, Tenth Edition, Pearson Prentice Hall.

Ngabito, Reindel Zulfikar. 2006. Penerapan Model Altman Z-Score Pada BUMN di Indonesia. Tesis. Penerbit : Universitas Indonesia.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.